Soal-Soal Fisik kelas X

Kamis, 27 Maret 2014

Soal Impuls dan Momentum

1.              Berapakah Impuls yang dibutuhkan untuk menambah kecepatan sebuah mobil yang bermassa 100 kg dari 36 km/jam menjadi 108 km/jam?

2.              Berapakah besar momentum seorang pelari bermassa 80 kg yang sedang berlari dengan kelajuan 15 m/s?

3.              Sebuah mobil dengan massa 800 kg menabrak sebuah pohon yang ada dipinggir jalan dengan kecepatan  72 km/jam hingga berhenti. Hitung besarnya impuls yang terjadi!

4.              Sebuah peluru ditembakan dengan kecepatan 50 m/s. Jika masa peluru 25 kg, hitunglah momentun peluru tersebut!



5.              Seorang siswa sedang mendorong meja dengan gaya 5 N ke kanan. Jika waktu kontak antara tangan siswa dengan meja sampai meja berpindah adalah 30 detik, berapa besarnya impuls?

6.              Hitunglah besarnya momentum sebuah benda yang bermassa 1 ton yang bergerak ke kanan dengan kelajuan 10 m/s? (arah kanan sebagai acuan positif)

7.              Bola voli bermassa 800 gram dipukul dengan gaya 45 N, jika selang waktu kontak tangan dengan bola 1 sekon, berapakah impuls bola voli?

8.              Sebuah benda bermassa 5 kg di beri gaya konstan 20 N sehingga kecepatannya bertambah dari 8 m/s menjadi 18 m/s. Berapa impuls yang bekerja pada benda?

9.              Sebuah benda bermassa 4 kg dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian 62,5 m. Percepatan gravitasi bumi g = 9,8 m/s2. Berapakah momentum benda tersebut ketika menumbuk permukaan tanah?

10.          Benda bermassa 10 kg bergerak diperlambat dengan perlambatan 2 m/s2 . setelah bergerak 10 sekon benda berhenti. Hitunglah momentum benda mula-mula?


Soal Hubungan Impuls dan Momentum

11.          Sebuah palu bermassa 4 kg dan kecepatan 20 m/s menghantam sebuah paku sehingga paku masuk ke dalam kayu 5 cm. Berapakah besar gaya tahanan yang disebabkan kayu ini?

12.          Sebuah bola tenis bermassa 0,2 kg bergerak dengan kecepatan12 m/s dipukul dengan raket dengan gaya 100 N, sehingga bergerak dalam arah kebalikan. Jika gaya pukulan bekerja selama 0,05 s, maka berapak kecepatan bola setelah dipukul?

13.          Bola kasti bermassa 200 gram bergerak dengan kelajuan 10 m/s. Bola tersebut dipukul hingga berbalik arah denga kelajuan 15 m/s. Waktu kontak antara bola dengan pemukul 0,01 s. Berapa besar gaya rata-rata yang dilakukan tongkat pemukul?

14.          Sebuah benda bermassa 5 kg di beri gaya konstan 20 N sehingga kecepatannya bertambah dari 12 m/s menjadi 18 m/s. Hitunglah lamanya gaya yang bekerja!

15.          Seorang pemain sepak bola menendang bola yang diam dengan gaya 100 N. Bila massa bola 0,8 kg dan lama persentuhan bola dengan kaki 0,1 detik. Berapakah kecepatan bola saat meninggalkan kaki pemain?

16.          Sebuah truk yang massanya 2000 kg dan melaju dengan kecepatan 36 km/jam menabrak sebuah pohon dan berhenti dalam waktu 0,1 detik. Tentukan besar gaya rata-rata pada truk selama berlangsungnya tabrakan!

17.          Bola yang massanya 800 gram ditendang dengan gaya 200 N. Bila lamanya kaki menyentuh bola 0,04 detik, maka berapakah kecepatan  bola akan melayang?

18.          Sebuah bola yang dipukul dengan gaya 200 N, sehingga melambung dengan kecepatan 400 m/s. Pemukul menyentuh bola dalam waktu 0,2 sekon. Tentukan massa bola tersebut!

19.          Benda 100 kg diam pada bidang licin dan mendapat gaya yang besarnya sesuai dengan grafik. Hitung kcepatan benda pada detik ke -40!

20.          Sebuah bola bermassa 0,5 kg dipukul supaya bergerak menuju sebuah dinding tegak. Bola mengenai dinding dengan kelajuan 60 m/s dan kemudian terpental dengan kelajuan 40 m/s. Jika tumbukan anta bola dengan dinding berlangsung selama 0,02 s, maka hitunglah gaya impulsif (dalam N) yang dihasilkan?


Soal Hukum Kekekalan Momentum

21.          Dua buah benda yang bermassa sama besar bergerak saling mendekati satu sama lain dalam satu lintasan garis lurus dengan kecepatan masing-masing benda 8 m/s dan 10 m/s. Setelah terjadi tumbukan bola pertama melaju dengan kecepatan 9 m/s dengan arah berlawanan dari arah sebelumnya. Berapakah kecepatan benda kedua setelah bertumbukan ?

22.          Sebuah benda melaju dengan kecepatan 6 m/s menumbuk benda kedua yangsedanga diam. Setelah terjadi tumbukan benda pertama diam dan bola kedua melaju dengankecepatan 5 m/s. Jika massa benda pertama 0,5 kg, berapakah massa benda kedua?

23.          Seorang anak melompat lepas dari “skate board” dengan kecepatan 1 m/s . Bila massa anak 20 kg dan massa skate board 2 kg, berapa besar kecepatan hentakan papan?

24.          Seoarang nelayan naik perahu yang beregrak dengan kecepatan 4 m/s. Massa perahu dan orang masing-masing 200 kg dan 50 kg. Pada suatu saat, orang tadi meloncat dengan kecepatan 80 m/s searah dengan gerak perahu, berapakah kecepatan perahu sesaat setelah orang tadi meloncat  ?

25.          Sebuah benda yang mula-mula diam, meledak menjadi 2 bagian dengan perbandingan 3 : 2, bagian yang massanya lebih besar terlempar dengan kecepatan 20 m/s. Hitung kecepatan terlemparnya bagian terkecil!

26.          Sebuah benda yang massanya 5 kg dalam keadaan diam, tiba-tiba pecah menjadi 2 bagian masing-masing 2 kg dan 3 kg. Bila kecepatan bagian yang kecil 75 m/s, maka berapakah keceptan bagian yang besar?

27.          Sebuah peluru ditembakan dari sebuah senapan dengan kecepatan 120 m/s. Massa senapan 5 kg dan massa peluru 0,050 kg. Berapakah besar kecepatan mundurnya senapan?

28.          Kecepatan peluru saat lepas dari larasnya 200 m/s. Bila massa peluru dan senapan masing-masing 10 kg dan 5 kg. Berapakah kecepatan dorong senapan terhadap bahu penembak saat peluru lepas dari larasnya?

29.          Seorang didalam perahu yang sedang berjalan dengan kecepatan 5 m/s, tiba-tiba orang tersebut meloncat ke belakang dengan kecepatan 1 m/s. Jika massa orang 60 kg dan massa perahu 100kg, hitunglah kecepatan perahu sesaat orang itu meloncat!

30.          Dua buah bola A dan B massanya masing-masing 200 gram dan 400 gram. Kedua bola bergerak berlawanan arah dan segaris kemuadian bertumbukan. Sesaat setelah tumbukan, kelajuan bola A adalah 10 m/s berlawanan dengan arah semula. Jika kelajuan A dan B sebelum tumbukan masing-masing 80 m/s dan 12 m/s, tentukan laju dan arah bola B sesaat setelah tumbukan!


Soal Tumbukan Lenting Sempurna

31.          Dua benda A masing-masing bermassa 1 kg dan 3 kg bergerak dengan arahyang sama ke kanan. Benda A dengan kecepatan 6 m/s mengejar benda B yang bergerak dengan kecepatan 2 m/s. Pada akhirnya A menumbuk B dengan tumbukan lenting sempurna. Tentukan kecepatan masing-masing setelah tumbukan?

32.          Bola pertama bergerak ke arah kanan dengan kelajuan 20 m/s mengejar bola kedua yang bergerak dengan kelajuan 10 m/s ke kanan sehingga terjadi tumbukan lenting sempurna. Jika massa kedua bola adalah sama, masing-masing sebesar 1 kg. Tentukan kecepatan masing-masing bola setelah tumbukan?

33.          Dua buah kelereng A dan b massanya sama. Kelereng A bergerak dengan kecepatan 3 m/s menumbuk kelereng B yang dalam kedaan diam. Jika terjadi tumbukan lenting sempurna, maka tentukan besar kecepatan kelereng A dan B setelah tumbukan!

34.          Dua buah benda dengan massa sama, kecepatannya masing-masing 10 m/s dan 20 m/s. Kedua benda dari arah berlawanan, bertumbukan lenting sempurna. Berapakah kecepatan masing-masing benda setelah tumbukan?

35.          Bola A yang massanya 2 kg bergerak ke kanan dengan kecepatan 20 m/s menumbuk bola B yang sedang bergerak ke kiri dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa B 2 kg dan tumbukan lenting sempurna, maka tentukan kecepatan A setelah tumbukan?

36.          Dua kelereng massanya sama, bertumbukan secara lenting sempurna dalam arah berlawanan. Kecepatan awal kedua kelereng masing-masing 2 m/s dan 4 m/s. Tentukan kedua kelereng setelah tumbukan!

37.          Sebuah bola bermassa 4 kg bergerak ke kanan dengan kelajuan 6 m/s dan mengalami tumbukan elastis sepusat denga bola bermassa 2 kg yang juga bergerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/s. Hitunglah kelajuan masing-masing bola setelah tumbukan!

38.          Mobil A (m = 800 kg) yang bergerak dengan kelajuan 80 km/jam menumbuk dari belakang mobil B (m = 1200 kg)yang sedang bergerak dengan kelajuan 40 m/s. Tentukan kelajuan kedua mobil setelah tumbukan!

39.          Dua benda A dan B dengan masing-masing 300 gram dan 200 gram. Kecepatan masing-masing benda 50 cm/c dan 100 cm/s saling berlawanan. Tentukan kecepatan masing-masing benda stelah tumbukan jika lenting sempurna?

40.          Dua buah bola A dan B dengan massa mA = 3 kg dan mB = 2 kg bergerak saling mendekati dengan laju VA = 2 m/s; VB = 3 m/s. Keduanya bertumbukan lenting sempurna, berapakah  laju bola A sesaat setelah tumbukan ?


Soal Tumbukan Tidak Lenting Sempurna

41.          Dua truk A dan b masing-masing massanya 3 ton dan 5 ton dalam keadaan bergerak lurus dengan arah berlawanan keduanya saling bertumbukan. Pada saat saling tumbukan kecepatan truk A ialah 36 km/jam ke kanan dan truk B 72 km/jam ke kiri. Setelah tumbukan kedua kendaraan menjadi satu, maka kedua truk terpental menjadi satu. Berapa keceptan kedua truk sekarang?

42.          Dua buah benda A dan B massanya masing-masing 5 kg dan 3 kg bergerak berlawanan arah pada bidang datar yang licin dengan kelajuan sama 2 m/s. Jika terjadi tumbukan tidak lenting sama sekali, berapakah kecepatan kedua benda sesaat setelah tumbukan?

43.          Sebuah trem dengan massa 10.000 kg berjalan dengan kelajuan 24 m/s menabrak trem sejenis yang sedang berhenti. Setelah terjadi tumbukan, kedua trem saling menempel dan berjalan bersama. Berapakah besar kelajuan trem sesudah tumbukan?

44.          Sebuah balok dengan massa 2 kg dengan kelajuan 0,5 m/s bertumbukan dengan balok yang diam bermassa 6 kg. Kadua balok menempel setelah tumbukan. Berapakah kelujuan balok sesudah tumbukan?

45.          Sebuah truk yang sedang berhenti, ditabrak oleh sebuah sedan yang sedang bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Setelah tabrakan, kedua kendaraan itu bersatu padu satu sama lain. Apabila massa truk 1400 kg dan massa sedan 600 kg, barapaka besar kecepatan kedua kendaraan setelah tabrakan?

46.          Sebuah peluru bermassa 50 g ditembakan dengan kecepatan 300 m/s dan kemudian mengenai balok yang sedang diam diatas lantai yang licin. Massa balok tersebut adalah 5 kg. Balok diam itu ternyata bisa ditembus oleh peluru, namun menyebabkan pula balok tersebut bergerk dengan arah yang sama dengan peluru sebesar  1 m/s. Hitunglah kecepatan peluru setelah menembus balok tersebut!

47.          Sebuah kereta bisnis memiliki 7 gerbong api bergerak dengan sangat cepat ke arah selatan dengan kecepatan 100 km/jam. Kereta tersebut dengan tiba-tiba menabrak  sebuah mobil boks (massa total = 500 kg 0 yang sedang menyebrang pada perlintasan kereta api  tanpa palang. Mobil boks tersebut melaju pelan dengan kecepatan 5  km /jam. Setelah terjadi tabrakan keduanya bergerak bersama-sama ke arah selatan. Hitunglah berapa kecepatan keduakendaran tersebut setelah tumbukan , apabila diketahui berat masing-masing gerbong adalah 10 ton?

48.          Sebuah peluru massa 10 gram meluncur dengan kecepatan 100 m/s, menumbuk balok kayu yang diam dan bersarang didalamnya. Jika massa balok kayu 490 gram, tentukan kecepatan balok kayu dan peluru sesaat setelah tumbukan?

49.          Benda A ( 5 kg) dan benda B ( 1 kg) bergerak saling mendekati dengan kecepatan masing-masing 2 m/s dan 12 m/s. Setelah tumbukan, kedua benda saling menempel. Berapakah kecepatan sesaat kedua benda bertumbukan?

50.          Sebuah mimis (peluru senapan angin) yang massanya 20 gram mengenai segumpal lilin mainan yang massanya 200 gram yang tergantung pada seutas tali yang panjang. Mimis masuk dan melekat pada lilin mainan itu. Jika kecepatan mimis 200 m/s. Berapakah kecepatan lilin mainan sesaat setelh mimis masuk kedalamnya?

Soal Tumbukan lenting Sebagian

51.          Sebuah bola yang dijatuhkan dari ketinggian 16 m terpantul setinggi 9 m. Berapakah koefisien tumbukan antara bola dan lantai?

52.          Sebuah benda jatuh dari ketinggian 6 m. Setelah sampai di tanah bola dipantulkan kembali keatas. Jika tinggi pantulan pertamanya 0,96 m. Tentukan koefisien restitusi antara benda dan tanah!
53.          Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 1,5 m diatas sebuah lantai lalu memantul setinggi 0,9 m. Hitunglah koefisien restitusi antara bola dan lantai!

54.          Bola yang berada 9 m diatas lantai mendatar dijatuhkan bebas. Ternyata bola tersebut dipantulkan setinggi 4 meter. Berapakah tinggi bola yang kedua kalinya?

55.          Sebuah bola tenis dilepaskan dari ketinggian tertentu. Pada pantulan pertama dapat dicapai ketinggian 50 cm dan pada pantulan kedua 12,5 cm. Tentukan tinggi bola tenis mula-mula?

56.          Sebuah bola dijatuhkan ke lantai. Jika tinggi pantulan kedua dan ketiga adalah 3 m dan 2 m, berapakah tinggi bola ketika dijatuhkan?

57.          Sebuah bola yang mempunyai koefisien restitusi 0,8 dilempar ke dinding dengan kecepatan 6 m/s. Berapakah kecepatan bola ketika dipantulkan?

58.          Suatu benda jatuh bebas dari ketinggian 80 m diatas tanah. Jika koefisien restitusinya 0,2. Tentukan kecepatan pantulan benda setelah tumbukan?

59.          Dua  buah balok bermassa sama saling mendekati pada lintasan lurus, dengan kelajuan masing-masing 2 m/s. Jika kedua balok itu bertumbukan elastis sebagian dengan e = 0,4, berapakah kecepatan masing-masing balok setelah tumbukan?


60.          Dua benda masing-masing 2 kg dan 4 kg bergerak salaing mendekati dengan kecepatan 10 m/s dan 4 m/s. Jika terjadi tumbukan lenting sebagian dengan koefisien restitusi  0,5, tentukan kecepatan masing-masing benda setelah tumbukan!

2 komentar:

  • Kox ngx ada jawabanya , cuman soal-soal ajh

  • Judulnya juga soal-soal fisika, makanya gak pake jawaban

  • Posting Komentar