Sistem Audio

Kamis, 06 Februari 2014

                Dalam sehari hari kita sering mendengar suara, suara terbagi menjadi 2. Ada suara langsung dan suara tidak langsung. Suara langsung yaitu suara yang dihasilkan langsung dari sumber bunyi, misalnya : orang berbicara, suara binatang, suara gelas pecah, suara jatuh, dll. Suara tidak langsung adalah suara yang dihasilkan dari suara-suara yang diroses sebelum dijadikan satu suara, misalnya : suara orang berbicara di handphone, suara suatu konser, dll.
                Bekerja dengan audio berarti bekerja dengan sistem bunyi. Sistem Audio elektronik di dasarkan pada satu konsep yang sederhana,mengambil gelombang suara, mengkonversinya kedalam satu sinyal audio dan memanipulasinya menjadi seperti yang di inginkan,kemudian mengubahnya menjadi gelombang suara kembali.


Alat-alat dalam pembuatan audio :

u Transducer Merupakan alat  yang digunakan untuk mengubah suara langsung (suara yang akan didengar) kedalam tenaga lisktrik yang bisa di baca oleh perangkat elektronik.
u SoundCard Merupakan alat yang digunakan untuk mengubah suara yang bertenaga listrik menjadi suara yang dapat didengar oleh kita.
u Amplifier merupakan alat yang akan menguatkan sinyal audio (menguatkan amplitudo).

Dalam audio ada beberapa channel, diantaranya :

u Mono, yaitu satu channel
u Streo, yaitu dua channel, kiri dan kanan
u Surround, yaitu lima, tujuh bahkan lebih channel




0 komentar:

Posting Komentar