Perawatan dan Perbaikan Komputer (Repair and Maintenance)

Kamis, 15 November 2012
Repair & Maintenance (Perawatan & Perbaikan)

Merawat barangagar :
- Awet, tidak cepat rusak
- Agar terlihat bagus
- Mengoptimalkan kerja komputer
- Menarik perhatian
- Keselamatan PC
     Samahalnya seperti tubuh kita, barang juga harus dirawat. Kalau kita telatmerawat ( tidak merawat ), barang itu akan cepat rusak dan akhirnya barang itu harus diperbaiki.
     Perawatan diperlukan untuk minimal memperpanjang usia hidup barang. Contoh : Saya membeli komputer yang usia hidupnya 5 tahun. Kalau kita tidak melakukan perawatan mungkin usia hidup
barang kurang dari 5 tahun. Kalau perawatan barang kita bagus mungkin yang tadinya barang yang usia hidupnya 5 tahun bisa jadi 6 tahun usia hidupnya. Proses perawatan itu harus masuk ke otak ( Menjadi budaya kita sehari-hari)
     Fungsi perawatan barang juga akan menghemat biaya. Mengapa ? Karena biaya untuk perbaikan tidak dikeluarkan.

Perawatan komputer yang harus kita ketahui :
- Bersih dari kotoran
Di dalam kotoran itu ada sampah. Sampah juga dikelompokkan menjadi (1)sampah organik ( bisa jadi pupuk ) (2)sampah anorganik
Tetapi sampah dikomputer itu bermasalah, meskipun sampahnya organik & anorganik
Sampah anorganik terbagi menjadi 2:
1. Logam
   Mengapa debu bisa masuk ke komputer? Karena ada yang mengundang debu masuk ke komputer yaitu magnet. Maka supaya tidak terjadi kerusakan lakukanlah perawatan.
2. Non logam
   Misalnya kertas masuk ke mainboard. pasti kertas itu bisa merusak karena kertas itu menutup jalur arus listrik.

- Suhu / Panas
Komputer bisa berjalan dengan normal apabila suhunya normal, apabila suhu lebih dari normal komputer tadak akan bekerja dengan baik. Kalau suhu di bawah suhu normal di dalam komputer akan terjadi kelembaban yang mengakibatkan kerusakan. Suhu-suhu normal biasanya di dalam kamar.
Yang paling basar menghantarkan panas adalah procesor, tapi tdk hanya procesor di VGA juga bisa menghantarkan panas. 

-Kelembaban
Kelembaban dapat mengakibatkan korosi. Selain korosi kelembaban juga dapat mengakibatkan pertumbuhan jamur. Agar kelembaban tdk terjadi di dalam komputer, komputer harus kita panaskan/dinyalakan beberapa jam ayau beberapa menit. Apalagi kondisi di Garut masih dingin, apabila komputer tidak dinyalakan selama 2 hari mungkin di dalam komputer akan terjadi kelembaban.

-Lingkungan / tempat
Sekarang kegunaan komputer tidak hanya diam tetepai bergerak misalnya laptop dan netbook. Jadi penyimpanan harus diperhatikan.

-Perilaku pengguna
Apabila pengguna saat menggunakan komputer dgn kasar, komputer akan cepat rusak. Ternyata pengaruh lingkungan tidak mempengaruhi lebih besar dari prilaku pengguna/user.

1 komentar:

  • Posting Komentar