Input,output,&proses

Sabtu, 13 Oktober 2012

Perangkat Input, Output, dan Proses

1. Perangkat Input
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem, apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Perangkat input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Beberapa perangkat/peralatan input yaitu :
·         Keyboard


Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer, keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
·         Mouse

Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard, Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

  • Light pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


2. Perangkat Output
Merupakan alat yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan data atau informasi dari komputer. Output device/perangkat output juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Beberapa perangkat/peralatan output yaitu :
·         Monitor

Dengan alat ini kita dapat melihat semua proses dalam komputer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari komputer.
  • Printer


Alat ini berfungsi untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas. Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
  • Speaker


Speaker merupakan transduser elektroakustik yang menukar isyarat elektrik kepada bunyi.Pembesar suara menolak satu perantaraan menurut denyutan isyarat elektrik, dengan itu menyebabkan gelombang bunyi   terhasil dari mana ia boleh diterima oleh telinga.Pembesar suara (dan transduser elektroakustik yang lain) ialah unsur paling banyak kepelbagaian dalam sistem audio moden dan biasanya bertanggungjawab bagi kebanyakan perbezaan bunyi apabila membanding sistem-sistem berlainan.




3. Perangkat Proses

        Perangkat proses data, CPU(sentral processing unit) adalah otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. CPU terdiri atas mikroprosesor. Contoh cpu intel ialah 8088 untuk pc xt dengan kecepatan 10 MHz dan 80286 untuk PC AT dengan kecepatan 16 MHz salah satu CPU jenis terbaru ialah intel Pentium IV dengan kecepatan 3,06 GHz.

          Perangkat proses data, Istilah CPU sering dirancukan untuk penyebutan kotak (casing) komputer yang berisi CPU, motherboard, satu daya (power supply), disk drive,memory, kartu(card) tambahan, kipas angin, disk drive dapat berupa hard drive drive. Floppy diskdrive, CD-ROOM/RW, dan DVD-ROM/RW. Memori utama biasa disebut random access memory yang biasanya disebut dengan RAM dan dapat digunakan untuk menyimpan data yang sedang diolah, kapasitas memori menentukan jumlah data yang dapat dijalankan dalam satu waktu.


Bagian dalam casing CPU terdiri atas komponen berikut.
  • Sound card merupakan kartu tambahan yang digunakan untuk mengolah suara, baik sebagai masukan (input) maupun kekuaran (output)

  • Slot ekstensi, digunakan sebagai tempat menancapkanya alat yang biasanya berupa kartu card. Ada berapa jenis slot yang ada pada motherboard, antara lain PCI, AGP dan PCI express

  • Motherboard, sering juga disebut mainboard atau disingkat mobo. Motherboard merupakan komponen utama yang menentukan kemampuan komputer. 


Fungsi motherboard antara lain:
    • Mengorganisaikan, mengatur dan menetukan alat (peripheral)yang dipasang pada komputer.
    • Chipset dan program bios yang ada pada motherboard berfungsi untuk mengatur data.
    • Mengomunikasikan data informasi data dan informasi yang diproses dikomputer.

0 komentar:

Posting Komentar